Jurnal tersebut berisi tentang penelitian mengenai penggunaan digital marketing pada Usaha Kecil Menengah ( UKM ) di Rumania. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi seberapa besar masyarakat UKM di Rumania mengetahui mengenai penerapan teknologi dalam pemasaran usaha. Latar belakang dari permasalahan ini adalah dimana banyaknya UKM yang muncul di Rumania dimana Rumania adalah wilayah yang menjadi pusat ekonomi di Uni Eropa. Mereka selalu berupaya untuk menjadikan produk/jasa usahanya ini menjadi laku di pasaran. Oleh karena itu, pemasaran adalah hal penting yang harus di kuasai dan di lakukan oleh mereka para pelaku UKM disana. Di era millenial saat ini, pemasaran bukan lagi hanya dilakukan melalui media media offline, namun sekarang sudah mulai beranjak ke era pemasaran internet ( digital marketing ). Marketing secara online sangat di anjurkan untuk dilakukan pada era sekarang ini. Hal ini di karenakan pemasaran secara digital dapat menekan atau mengurangi biaya pengeluaran. Dalam arti lain, pemasaran secara digital memerlukan biaya yang jauh lebih murah di bandingkan pemasaran non digital. Keunggulan lain dari digital marketing disini adalah jangkauan pasar yang dibidik oleh para UKM di Rumania menjadi lebih luas dan dengan cepat produk mereka akan di kenal. Untuk mencapai hasil tersebut, maka di lakukan penelitian dengan beberapa metode yang harapannya akan membuat para UKM di rumania menerapkan penuh pemanfaatan dari teknologi.

Penelitian dilakukan dengan membuat kuisioner online kepada sejumlah responden. Kuisioner tersebut berisi beberapa pertanyaan tentang penerapan digital marketing pada UKM di Rumania. Setelah mengirimkan banyak kuisioner, telah di dapatkan kesimpulan bahwa digital marketing sangat di perlukan oleh UKM di Rumania. Hasilnya masih sekitar 53% UKM di Rumania yang telah beranjak ke dunia digital. Itu artinya mereka para pelaku UKM di Rumania masih belum banyak yag mengetahui penerapan digital dalam pemasaran. Untuk itu, para UKM baru di sana harus segera belajar dan menerapkan teknologi terhadap usaha mereka. Hal ini untuk menjadikan UKM mereka bisa tumbuh dan berkembang pesat dengan cepat di masa depan. Intinya, UKM yang masih menggunakan cara pemasaran yang lama akan tergantikan oleh munculnya UKM baru yang telah menerapkan pemasaran secara digital.

Nama : Aqil Adrian Herwidiraharja